Login Member
Username:
Password :
Artikel Terbaru
PERBAIKI MINDSET DAN MORAL ANDA..!
Korupsi hingga saat ini masih bertahan dan masih merajalela karena masih terlalu banyaknya pejabat/oknum yang memiliki fikiran-fikiran kotor yang selalu berangan-angan materi lebih, masih banyaknya mindset yang menyalah dikalangan pegawai ataupun pejabat pada kebanyakan instansi-instansi ...


Guru Sebagai Pendamping Siswa
Seorang guru profesional harus mampu memposisikan dirinya sebagai  penuntun sekaligus pendamping siswa dalam meraih cita-citanya dengan pembekalan Iptek yang berwawasan pengabdian, sehingga mereka mampu menterjemahkan nilai-nilai kehidupan ditengah-tengah masyarakat....


Cermin Pendidikan di Indonesia
         Jika berbicara tentang permasalahan menyangkut pendidikan di Indonesia,pembahasannya tentu tidak akan pernah habis-habisnya. Pasalnya, dunia pendidikan ini berkaitan dengan kodrat kita sebagai manusia yang selalu ingin tumbuh dan berkembang ...


Perangkat Pembelajaran Berkarakter (RPP, Silabus, dll)
 Disini saya akan mencoba share alias berbagi tentang Perangkat Pembelajaran Berkarakter.. Mungkin masih sedikit yang baru bisa saya tampilkan karena keterbatasan waktu . InsyaAllah dalam beberapa waktu kedepan akan terus bertambah . Semoga bermanfaat..  ...


Statistik
  Visitors : 51395 visitors
  Hits : 36647 hits
  Today : 14 users
  Online : 1 users
:: Kontak Admin ::

gus_ik@yahoo.com    
Agenda
01 August 2014
M
S
S
R
K
J
S
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6

Pendidikan Berkarakter Bangsa di SMP PABA

Tanggal : 12/11/2011, 07:26:26, dibaca 420 kali.

Pendidikan akademik dan pendidikan karakter adalah dua pilar yang tidak bisa dipisahkan, oleh karena itu pendidikan karakter ditanamkan secara terintegrasi ke dalam setiap pembelajaran. Demikian sikap yang diyakini Sekolah Menengah Pertama Swasta PABA Binjai. Hal ini juga sejalan dengan UU nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas yang mengamanatkan pendidikan berkarakter pula.

Menyadari begitu besar peranan pendidikan karakter, maka sekolah yang beralamat Jl. Padang Sidempuan no. 8, Rambung, Kota Binjai ini berupaya menanamkan dan mengembangkan pendidikan karakter yang kuat dengan memberikan keleluasaan bagi peserta didik untuk berani mengambil inisiatif dengan tetap menekankan rasa tanggung jawab. Berikut ini beberapa kegiatan yang berkait dengan pengembangan karakter tersebut.

1. Peduli Sosial

Bencana alam yang kerap menimpa negeri ini, tak urung mengakibatkan kerugian dan penderitaan para warga. Banjir yang sering melanda di berbagai daerah, kebakaran yang tidak mengenal toleransi, ataupun bencana bencana lainnya dapat menggugah empati kita terhadap warga yang mengalami musibah itu. Salah satu bentuk kepedulian peserta didik terhadap situasi seperti itu biasanya dengan pembiasaan membuka Kotak Peduli Sosial. Jika mendengar ada bencana alam, maka sudah menjadi tradisi warga SMP PABA segera memberikan bantuan.

Kotak Peduli Sosial ini merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter yang penekannya kepada olah hati. Peserta didik diajak lebih peka terhadap lingkungan sekitar, mengembangkan tenggang rasa dan empati terhadap penderitaan sesama.



Beberapa Siswa/siswi SMP, SMA, dan SMK PABA melakukan bakti sosial



2. Izin Keluar Kelas

              Kegiatan belajar yang baik tentu membutuhkan kondisi lingkungan yang kondusif serta dukungan dari semua komponen pembelajar baik guru maupun peserta didik. Seringnya siswa minta izin meninggalkan ruangan kelas, bahkan kadang ramai-ramai, dapat menyebabkan pecahnya konsentrasi dan mengacaukan proses pembelajaran. Untuk menyikapi problem ini maka dibuatlah aturan khusus yang disebut Izin Keluar Kelas (IKK). IKK adalah sejenis name tag yang dikalungkan di leher, yang berfungsi untuk legalisasi bagi peserta didik ketika meninggalkan ruang kelasnya. Setiap kelas diberi jatah IKK hanya dua buah. Ini artinya sekolah membatasi untuk izin keluar kelas maksimal dua orang (tentu tetap ada sedikit perkecualian manakala ada hal-hal yang bersifat khusus). Jika dijumpai ada seorang siswa ada yang hilir-mudik di luar kelas tanpa berkalung IKK, maka guru piket akan menegurnya. Dengan pembiasaan IKK ini diharapkan peserta didik memiliki disiplin diri yang kuat dengan penuh rasa tanggung jawab.

 

3. Sholat Berjamaah

Kegiatan agama yang dilaksanakan oleh SMP PABA Binjai adalah sholat berjamaah yang dilaksanakan setiap hari Senin sampai dengan Kamis sepulang sekolah. Dengan harapan siswa/siswi tidak hanya belajar saja tetapi juga dapat tertib beribah di kehidupan sehari-hari.





Siswa/siswi SMP PABA Binjai melaksanakan sholat berjamaah sepulang sekolah.


4. Bersalaman

              Untuk menumbuhkan semangat kekeluargaan dan menghormati guru, siswa/siswi SMP PABA Binjai ketika masuk sekolah, masuk kelas, dan sepulang sekolah melakukan salaman dengan bapak-ibu guru.

 


Siswa-siswi SMP PABA bersalaman dengan bapak ibu guru pada waktu masuk dan pulang sekolah.


5. Membersihkan lingkungan

Untuk menciptakan susasana yang bersih, sehat, maka di SMP PABA dilaksanakan piket untuk menjaga suasana lingkungan SMP PABA supaya tetap dalam keadaan bersih.


Salah seorang siswi SMP PABA sedang menyapu di lingkungan sekolah.


6. Menyiram bunga

Selain menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan mengadakan piket, SMP PABA Binjai juga mempunyai kegiatan yang dilaksanakan oleh murid-muridnya, yakni menyiram bunga yang ada di lingkungan sekolah. Hal ini diharapkan siswa/siswi menjadi peduli keindahan lingkungan sekitar dan menjadi disiplin.



Guru dan siswi SMP PABA sedang menyiram bunga di sekolah


7. Berdoa

Supaya kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat berjalan dengan baik dan murid dapat dengan mudah belajar di sekolah, maka sebelum proses belajar mengajar dimulai, mereka berdoa terlebih dahulu. Begitu juga pada setelah bel jam terakhir berbunyi, mereka juga melakukan berdoa bersama supaya selamat sampai di rumah.



Siswa-siswi SMP PABA Binjai melaksanakan doa sebelum dan sesudah pelajaran dimulai.


8. Olahraga

Kesehatan merupakan salah satu faktor penting didalam kehidupan. Dan cara yang mudah untuk menjaga badan supaya tetap sehat dan bugar adalah dengan cara berolahraga. Demikian juga yang terjadi di SMP PABA Binjai, setiap hari Sabtu pagi jam pertama, siswa-siswi bersama-sama melaksanakan olahraga. Baik itu jalan santai ataupun senam.




Setiap hari Sabtu diadakan olahraga bersama di SMP PABA Binjai


. 8. Pendidikan baris-berbaris

Dalam rangka untuk menumbuhkan sifat disiplin siswa, di SMP PABA Binjai maka dilaksanakan kegiatan pendidikan baris berbaris.


Siswa/siswi SMP PABA Binjai sedang berlatih baris-berbaris



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas